Program Teluk Tomini | SUSCLAM

 
 
SUSCLAM :: Home
 
 

Warning: The magic method __set() must have public visibility and cannot be static in /home/tominiba/public_html/teluktomini.org/web/plugins/content/sigplus/params.php on line 75

Sekda Kabupaten Bolmong Selatan canangkan penanaman bakau dan resmikan kantor sekretariat Pokja Mangrove

E-mail Print PDF

Mangrove

Dudepo Selasa, 11/05/10, Bupati Bolmong Selatan yang di wakili oleh Sekda (Drs. Gunawan Lombu,S.Pd) telah mencanangkan penanaman bakau, meresmikan gedung  sekretariat kelompok kerja mangrove, menyerahkan bantuan 20 unit mesin katinting serta sekaligus menutup pelatihan dan kerajinan meubel bambu untuk masyarakat Dudepo dan Duminanga.

Dalam sambutannya (Sekda)  Bolmong Selatan Gunawan Lombu mengatakan "penting untuk disampaikan bahwa posisi kabupaten bolaang mongondow selatan berada di wilayah teluk tomini didukung dengan berbagai potensi yang dimilikinya. Sebagaimana kita ketahui, wilayah perairan laut kita menghasilkan cukup banyak ikan. didarat pun potensinya tidak kalah dengan yang tersedia dilaut. tantangan kita semua di kabupaten ini adalah bagaimana kita mampu mengoptimalkan potensi sumberdaya yang tersedia untuk dikelola dan dimanfaatkan dengan benar tanpa harus merusak.

Ancaman lain ketika kita kehilangan hutan bakau,abrasi pantai dan bahaya tsunami adalah bagian dari bencana yang akan mengancam kita. Untuk itu, mari kita semua berbuat, dan saya  sebagai pemerintah bolmong  selatan mengajak kepada semua pihak untuk bisa merehabilitasi hutan bakau dengan cara menanam. hanya dengan menjaga dan menanam kawasan yang rusak kita semua yang ada dipesisir pantai bolmong selatan ini akan merasa aman dari bencana laut.

Berlokasi di kawasan mangrove  desa Dudepo Guanawan Lombu dan para SKPD turut  menanam mangrove bersama masyarakat yang ada di sekitarnya. Dilanjutkan dengan peresmian kantor Pokja Mangrove dan sekaligus menyerahkan bantuan katinting dari program SUSCLAM kepada 20 orang perwakilan dari masyarakat desa dudepo dan duminanga.

Hadir dalam acara ini diantaranya adalah kadis perikanan dan kelautan  Surya Darwisito,kadis disperindag  Achmad Gobel serta kepala desa dudepo Haniko Hurudji bersama  masyarakat di 2 desa Dudepo dan Duminanga.

Sementara itu ditempat terpisah Achmad Gobel selaku kadis DISPERINDAGKOP) berpesan kepada para peserta yang telah mengikuti pelatihan kerajinan meubel bambu selama 2 minggu  sejak (28 April -11 Mei 2010 ) supaya bisa menjadi pengrajin yang bisa melanjutkan usaha kerajinan dimasing masing desa.

Dalam sambutan terakhirnya  Gunawan Lombu juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada program  teluk tomini,SUSCLAM yang sudah membangun hubungan dan kerjasama dengan pemerintah kabupaten bolmong selatan.