Program Teluk Tomini | SUSCLAM

 
 
SUSCLAM :: Home
 
 

Warning: The magic method __set() must have public visibility and cannot be static in /home/tominiba/public_html/teluktomini.org/web/plugins/content/sigplus/params.php on line 75

Pokja Mangrove Pohuwato Lakukan Pelatihan Metodologi Survey

E-mail Print PDF

Pelatihan Mangrove

Marisa,24/06/2010 Bertempat di  Hotel Grand Permai  Kabupaten Pohuwato,SUSCLAM (Sustainable Costal Livelihoods and Management) bekerjasama dengan POKJA mangrove pohuwato  melakukan  pelatihan metodologi survey  ekosistem mangrove selama tiga hari berturut-turut,di mulai sejak tanggal 21 Juni hingga 23 Juni 2010.  Dalam sambutan ketua POKJA Iwan Abay  sangat mengharapkan kepada kelompok kerja mangrove pohuwato untuk dapat bekerjasama  dalam  melakukakn survey nanti. Mengingat keberdaan mangrove pohuwato sudah sangant kritis,. Iwan juga mengingatkan bahwa ketergantungan masyarakat pesisir terhadap ekositem mangrove sangatlah  besar.  Sebagai anggota komisi dua DPRD Pohuwato, saya dan teman teman akan membentuk PANSUS terkait dengan kasus tanjung panjang.  Seperti kita ketahui bersama pembukaan lahan tambak dalam skala besar telah menghancurkan sebagian besar ekosistem yang ada di kawasan cagar alam  ini. Maka untuk itu keberadaan saya sebagai anggota komisi dua dan juga sebagai ketua pokja mangrove akan  lebih memperhatikan dampak yang sudah terjadi.

Sementara itu  ketua BKSDA Sulawesi Utara & Gorontalo  Bapak Untung Suprato,sempat memberikan materi tentang sosialisasi pemahaman menjaga ekositem mangrove yang baik.  Untung mengingatkan,  sosialisasi pemahaman lingkungan harus  didukung dengan kegiatan pendapatan ekonomi dan pemberdayaan pesisir harus ditingkatkan, terutama bagi masyarkat di kawasan teluk tomini.

Hadir sebagai Fasilitator kegiatan ini adalah DR.Rignolda Djamaludin dari Kelola dan sakaligus akademisi ilmu kelautan dan perrikanan UNSRAT Manado.Materi yang diberikan kepada peserta adalah pemahaman tentang  metodologi  survey  dan  biota serta jenis jenis  mangrove yang ada di daerah pohuwato.

Peserta yang hadir adalah POKJA mangrove kabupaten pohuwato  terdiri dari  pihak pemerinntah dan perwakilan masyarakat, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat). Sementara intansi yang berperan dalam pokja mangrove antara lain dinas kelautan dan perikanan, Bappeda, dinas kehutanan, polisi perairan,dinas pertanian,serta dinas perhubungan dan parawisata. RD-IMCO