Program Teluk Tomini | SUSCLAM

 
 
slide1.jpg
 

Tomini Bay Sustainable Coastal and Livelihoods Management


Meningkatkan pengelolaan sumberdaya laut dan pesisir Teluk Tomini dalam upaya memperbaiki tingkat penghidupan masyarakat pesisir, laki-laki dan perempuan

 
 
 
 
SUSCLAM :: Newsletter Mangrove Perlu Dilindungi.
 
 

Warning: The magic method __set() must have public visibility and cannot be static in /home/tominiba/public_html/teluktomini.org/web/plugins/content/sigplus/params.php on line 75

Mangrove Perlu Dilindungi.

E-mail Print PDF

BLOCK PLAN : Salah satu persoalan yang pertlu ditindak lanjuti oleh semua elemen yakni tentang perlindungan terhadap hutan mangrove. Dengan adanya hal  tersebut, maka badan Legislasi (Banleg) melakukan perubahan terhadap Ranperda Pesisir dan Pengelolaan Pulau-pulau kecil, yang terfokus pada upaya penyelamatan hutan mangrove di Pohuwato.

Iwan Abay salah seorang anggota Banleg menjelaskan, untuk  menyelamatkan hutan mangrove, maka segenap unsure yang terdiri dari Banleg, pemerintah daerah, masyarakat, tim Pokja, SUSCLAM dan lain sebagainya turut terlibat dalam perubahan Ranperda yang lebih focus terhadap hutan mangrove.

selain itu kata Iwan, untuk menindak lanjuti hal tersebut, maka pihaknya telah memantapkan lagi Ranperda yang berisi perlindungan kawasan mangrove, hanya saja kalau sebelumnya Ranperda yang diusulkan berisi tentang kawasan pesisir dan pengelolaan pulau-pulau kecil, kali ini Ranperda diubah menjadi Ranperda Perlindungan dan Pengelolaan Mangrove, dengan tujuan dalam penerapannya nanti, Ranperda itu akan lebih focus pada perlindungan kawasan mangrove. “Ranperda tersebut selanjutnya tinggal lanjuti oleh Badan Legislasi,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Iwan Abay, untuk menerapkan hal tersebut nanti, menerapkan hal tersebut nanti, maka diperlukan suatu hubungan atau kerja sama serta kerja keras dari segenap elemen pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Pohuwato. Sehingga, setelahh Ranperda tersebut disahkan, maka yang di tindak lanjuti yakni melakukan penentuan batas kawasan lindung dan kawasan yang bisa dikelola oleh masyarakat.

“dalam Ranperda tersebut pula diatur tentang sangsi bagi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang melakukan pengrusakan mangrove. Olehnya kami menghimbau agar hutan mangrove ini dapat dijaga dengan baik oleh sejumlah elemen masyarakat,” tandasnya. (kif)

Sumber: Gorontalo Post Rabu 21 Desember 2011

 
 
 
 
 

Polling

Do you agree with the construction of the canal equator?




Results

Who's Online

We have 1 guest online